Sunday, June 24, 2018

Jenis Modem Modern


Tahukan kamu bahwa perangkat untuk menyalurkan internet ternyata ada banyak? Kalau kamu sudah mengetahuinya bisa sebutkan apa saja? Dan untuk kamu yang belum mengetahuinya yuk kita simak bersama.

Kemajuan teknologi, terutama terhadap teknologi komunikasi seperti internet sudah tidak asing untuk kita. Sekarang hampir tiap orang membutuhkan jaringan internet untuk membantu kegitannya. Tentunya saat ingin mengakses internet kamu memerlukan alat pemancar internet itu sendiri atau biasa kita sebut dengan modem.

Modem sendiri adalah sebuah singkatan dari Modulator Demodulator. Artinya sendiri pun merupakan makna dari tiap katanya. Modulator merupakan bagian yang berfungsi untuk mengubah sinyal informasi menjadi sinyal pembawa yang siap dikirimkan, sedangkan Demodulator merupakan bagian untuk memisahkan antara sinyal informasi dari sinyal pembawa yang diterima dengan baik.

Lalu modem ini juga memiliki beberapa macam jenis. Contoh paling sederhana dari modem dan mungkin kamu adalah penggunanya juga adalah modem kabel dan wireless modem. Dari namanya kamu sudah bisa menebak bagai mana cara kerja masing-masing modem tersebut.

jenis-modem-modern
Home Router WiFi salah satu produk internet Hinet


Pertama modem kabel, jenis modem ini sepertinya menjadi modem yang banyak digunakan saat internet baru terkenal. Biasanya tiap rumah menggunakan internet jenis ini yang bisa disambungkan langsung dengan telepon rumah. Tapi sayangnya jenis modem ini hanya bisa digunakan oleh satu perangkat saja. Jadi memakainya harus bergantian.

Lalu jenis kedua adalah wireless modem atau kita kenal juga dengan modem nirkabel. Jenis modem ini cukup modern bagi pengguna internet, selain kebanyakan pengguna internet menggunakan jenis modem ini karena bisa dipakai lebih dari satu orang. Jenis modem ini berbeda dengan modem lainnya karena pertukaran sinyalnya bukan melalui kabel, melainkan melalui gelombang cahaya.

Tapi dengan terusnya perkembangan teknologi muncul lagi jenis modem lainnya yang masih serupa dengan wireless modem, yaitu MiFi. Modem ini merupakan singkatan dari Mini WiFi (Wireless Fidelity). Namanya saja sudah mini, berarti perangkat ini merupakan perangkat kecil. Jenis perangkat ini cocok untuk kamu yang memiliki kegiatan berpindah-pindah, karena dengan perangkat ini kamu bisa mengakses internet dimana saja.
jenis-modem-modern
MiFi adalah modem WiFi yang bisa dibawa kemana saja

Untuk kamu yang tidak igin kehilangan informasi pastinya membutuhkan internet yang cepat. Sekarang sudah ada Hinet menyediakan internet cepat untuk kamu, bukan hanya cepat tapi juga murah. Terdapat dua pilihan jenis perangkat yang disediakan oleh Hinet, yaitu Wifi dan juga MiFi. Jika kamu membutuhkan internet cepat kamu bisa pakai Hinet.  Dengan Hinet semua jadi mudah dan mungkin.

No comments:

Post a Comment